BAMBANG PAMUNGKAS

BAMBANG PAMUNGKAS, PENYERANG PERSIJA JAKARTA

 

Siapa yang tak kenal dengan Bambang Pamungkas? Tentu teman-teman semua tahu. Iya, ia adalah pemain bola dari tim bola Persija Jakarta. Bambang Pamungkas yang terkenal dengan panggilan Bepe ini  lahir di Salatiga 10 Juni 1980. Pemain bola ini sebentar lagi akan merayakan ulang tahunnya yang ke 30 loh!! Posisi Bambang Pamungkas dalam tim bolanya adalah sebagai penyerang. Walaupun tidak terlalu tinggi, penyerang asal Salatiga ini memiliki lompatan yang tinggi dan tandukan yang akurat loh!!

Ternyata Bepe mengagumi rekan dalam satu timnas, yaitu Kurniawan Dwi Yulianto. Ternyata selain mengagumi, Bambang Pamungkas juga banyak dikagumi oleh para pecinta bola Indonesia. Hal ini karena prestasi Bambang Pamungkas yang gemilang, tentunya. Bepe memulai karir bolanya saat ia mengikuti tim bola remaja Jawa Tengah. Saat itu ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Haornas, sebuah kejuaraan tingkat remaja. Penampilan perdana penyerang dengan nomor punggung 20 ini adalah pada tahun 1999, saat Indonesia mengadakan pertandingan persahabatan dengan Lituania. Bambang yang saat itu masih berusia 18 tahun berhasil mencetak sebuah gol yang berakhir dengan skor 2-2. Bambang juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak untuk skuad Indonesia di Piala Asia U-19 grup V dengan 7 gol. Tentu saja ini menjadi sebuah prestasi remaja yang begitu membanggakan.

Perjalanan karir Bambang pamungkas sebagai pemain bola juga cukup panjang. Bambang mengawali karir bolanya di SSB Ungaran Serasi pada tahun 1988-1990. Tahun 1990-1995, ia tergabung dalam tim diklat Salatiga. Pada tahun 1992, Bambang Pamungkas menjadi anggota tim Persikas Semarang. Di tahun 1995-1999 ia bergabung dalam Tim Persikas Apac Inti.

Tahun 1999-2000 Bepe tergabung dalam tim Persija Jakarta, dalam 30 tampilannya di Persija Jakarta ia berhasil mencetak 24 gol. Tahun 2000-2001 ia tergabung dalam tim divisi 3 di Belanda yang bernama EHC.Norad, namun karena masalah keluarga dan ketidakmampuannya untuk menyesuaikan diri dengan cuaca sejuk Eropa, akhirnya ia kembali  ke tanah air untuk bermain di Persija lagi. Pada tahun 2001-2004 Bambang yang kembali kepada tim Persija Jakarta berhasil mencetak 52 gol dalam 96 penampilannya. Pada tahun 2005-2006, ia kembali menjadi pemain luar negeri tepatnya negara tetangga kita Malaysia. Bambang yang tergabung dalam Selangor FC mencetak 39 gol dalam 42 pertandingan untuk tim Negara tetangga. Namun sejak tahun 2007, ia kembali memperkuat Tim Persija Jakarta hingga sekarang ini.

Bambang Pamungkas sejak tahun 1999 tergabung dalam Tim Nasional Indonesia. Di Timnas ia berhasil mencetak 35 gol dalam 66 pertandingan. Peran Bambang Pamungkas memang sangat membantu dalam Timnas Indonesia. Pada tahun 2002, saat ia tergabung dalam  Timnas Indonesia, Bepe menjadi pencetak gol terbanyak dan membuat Indonesia menjadi juara kedua Piala Tiger 2002.  Hingga penampilan terakhrinya untuk Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Srilanka pada tahun 2004, Bambang Pamungkas berhasil menjaringkan 18 gol dalam 35 pertandingan. Masalah cedera dan karena prestasi yang menurun, membuat pemain yang memiliki tinggi 168 cm ini, mencetak gol terakhir untuk Indonesia pada 12 Februari 2004. Tetapi ketika pertandingan Indonesia melawan Bahrain pada 10 Juli 2007, Bambang Pamungkas berhasil mencetak gol, sehingga memastikan  kemenangan Indonesia atas Bahrain dengan skor  2-1.

Nah, teman-teman inilah salah satu prestasi yang ditorehkan anak bangsa dalam bidang olahraga. Generasi selanjutnya adalah sobat-sobat Gembira tentunya. Oleh karena itu, jangan malas belajar dan teruslah berlatih dengan giat, agar kalian bisa menjadi the next Bambang Pamungkas.

(mes/berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s