KONTROVERSI ARTIS DAN CALEG

OPINI

ARTIS ATAU CALEG?

 

 

 

 

 

Disusun oleh:

  1. Dyah Prameswari        (8243)

 

 

SMA NEGERI 1 KALASAN

SLEMAN YOGYAKARTA

2009/2010

 

ARTIS atau CALEG?

 

Kalangan selebritis dikenal sebagai figur favorit masyarakat, karena peran (akting) mereka. Namun, popularitas para artis yang lebih dikenal karena pekerjaan mereka di dunia hiburan kini telah digoyahkan oleh profesi baru yang dinilai menyimpang cukup jauh dari profesi mereka sebelumnya. Kini banyak artis Indonesia yang menjadi calon legislatif di berbagai tingkatan. Mulai dari Bupati, Wakil Gubernur, hingga menjadi anggota DPR.

Fenomena ini berangkat dari pemilihan umum yang mengutamakan perolehan suara terbanyak untuk menjadi anggota legislatif. Kepopuleran para artis dinilai dapat mendongkrak perolehan suara, oleh karenanya banyak artis yang mencoba keberuntungan mereka di kancah politik Indonesia. Mulai dari artis seksi Julia Perez hingga aktor tampan  Dede Yusuf.

Namun yang menjadi kontroversi adalah apakah para artis tersebut memiliki kompetensi yang cukup  di bidang politik? Mengingat kondisi politik Indonesia saat ini sedang terguncang oleh banyaknya konflik  yang melibatkan banyak tokoh-tokoh politik. Apabila nantinya DPR dan DPRD dipenuhi oleh anggota legislatif yang tidak kompeten dan kredibel, maka masalah-masalah politik yang telah ada tidaklah menjadi berkurang, namun justru masalah tersebut dikhawatirkan akan semakin meluas karena kinerja anggota legislatif  yang kurang kompeten. Karena menjadi seorang anggota legislatif  tidaklah seperti menjadi pegawai negeri biasa atau karyawan sebuah perusahaan. Aktifitas seorang anggota dewan adalah rutinitas yang padat dan memerlukan kemampuan yang lebih tidak hanya menyalurkan aspirasi rakyat namun membuat dan mengesahkan sebuah undang-undang atau aturan yang akan digunakan sebagai acuan dalam menjalankan roda pemerintahan dan membuat berbagai kebijakan.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s