NARKOBA

KEPASTIAN HUKUM TENTANG NARKOBA DAN PENYALAHGUNAANNYA

Narkoba di satu sisi merupakan obat atau bahan yang bermanfaat di bidang pengobatan atau pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan, namun di sisi lain penyalahgunaan narkoba oleh berbagai kalangan  dapat menimbulkan efek yang sangat buruk bagi seluruh komponen masyarakat. Kejahatan narkoba kini telah bersifat transnasional yang peredarannya kini menggunakan metode dan teknologi yang canggih.

Karena kejahatan narkoba telah menimbulkan banyak dampak buruk bagi kehidupan maka Pemerintah telah memberlakukan Undang-Undang mengenai penyalahgunaan narkoba. Yaitu, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika dan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1997 tentang psikotropika. Di dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 1997 tentang narkotika, terdapat 23 pasal yang mengatur tegas mengenai hukuman tentang penyalahgunaan narkoba.

Meningkatnya jumlah pengedar,  pengguna, dan korban narkoba menjadi salah satu fakta yang membuktikan bahwa narkoba itu mudah ditemukan di sekitar kita. Namun karena system peredaran narkoba yang terorganisir  dengan baik, maka sindikat peredaran narkoba seolah-olah menjadi transparan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s