PERANGKAT DESA DI YOGYA DUKUNG REFERENDUM

VIVAnews – Paguyuban perangkat desa yang tergabung dalam Parade Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung referendum untuk menentukan jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dengan cara penetapan ataupun dengan pemilihan. Menurut Parade, usul Sri Sultan Hamengku Buwono X itu adalah solusi.

“Pernyataan Sultan tersebut sebagai salah jalan alternatif terhadap permasalahan salah satu pasal dalam Rancangan Undang-undang Keistimewaan Yogyakarta yang saat ini belum dapat diselesaikan. Refendum bagi masyarakat Yogyakarta juga menunjukkan sebuah demokrasi untuk menentukan nasibnya sendiri atas keistimewaan yang ada di DIY,” kata Kepala Penelitian dan Pengembangan DPD Parade Nusantara, Daerah Istimewa Yogyakarta, Fatoni Rustam, Kamis, 30 September 2010

Fatoni yang juga kepala Desa Jambitan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, ini menegaskan desakan Sultan kepada pemerintah pusat agar menggelar referendum di DIY karena ketidakpekaaan pemerintah pusat dan juga DPR atas nasib RUUK DIY sudah 2 kali pergantian DPR namun juga belum kelar.

Lebih lanjut Fatoni menyatakan pernyataan referendum yang dilontarkan juga menunjukkan bahwa keistimewaan di DIY sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun hingga saat ini belum jelas sementara jabatan Gubernur akan selesai pada bulan Oktober 2011 mendatang.

“Keistimewaan di DIY memang tidak terlepas dari sejarah Keraton Yogyakarta bergabung dengan NKRI dan juga tidak hanya membahas jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY namun demikian bagi rakyat Yogyakarta keistimewaan adalah Raja Keraton Yogyakarta sebagai gubernur dan Paku Alam sebagai wakil gubernur,” katanya.

Dengan referendum maka akan terlihat, apakah publik masih menginginkan jabatan gubernur dengan cara penetapan atau tidak. “Ini bentuk “semelehnya” (keterbukaan) dari masyarakat Yogyakarta. Jika rakyat memang benar-benar menginginkan penetapan maka pemerintah harus mengalah demi rakyatnya atau sebaliknya rakyat yang mengalah demi pemerintah.”

Laporan: KDW | Yogyakarta

YOGYAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s