SMPN 1 KALASAN

SMP N 1 KALASAN, SEKOLAH PENGEMBANG OLAHRAGA.

 

Sobat Gembira, mari kita mengenal lebih jauh tentang sekolah pengembang olahraga yang terletak di Kecamatan Kalasan ini. SMPN 1 Kalasan berdiri pada 31 Agustus 1962, wah usianya sudah 48 tahun loh, lama juga ya? Dahulu namanya SMP Gotong Royong, lalu berubah menjadi SMPN 1 Bogem. Tahun 1997 namanya beralih lagi menjadi SLTPN 1 Kalasan dan pada tahun 2002 namanya menjadi SMPN 1 Kalasan sampai sekarang. Wah, banyak juga ya sejarah namanya!

Sekolah yang mempunyai visi “ Unggul Prestasi, Tangguh Dalam Imtaq, Serta Cinta Tanah Air” ini telah mengukir banyak sekali prestasi dalam dunia pendidikan, baik tingkat Kabupaten Sleman, Provinsi DIY, bahkan sampai Nasional. Dua tahun lalu, sekolah ini mendapat predikat Sekolah Standar Nasional (SSN).  Sebelum  mendapat predikat SSN, terlebih dahulu SMPN 1 Kalasan mendapat predikat Sekolah Andalan di Kabupaten Sleman.

Sekolah yang terletak di Jl. Jogja-Solo km.13 ini juga mendapat penghargaan sebagai Sekolah Sehat Berwawasan Lingkungaan Hidup, karena kebersihan dan keindahan nya yang selalu terjaga, jadi tepat bila sekolah ini mendapat julukan Sekolah Adiwiyata. Lingkungan sekolah yang bersih, dan rindang  membuat para siswa nyaman belajar di sekolah. Selain lingkungan yang kondusif, fasilitas yang diberikan oleh sekolah seperti komputer, hot-spot area, dan perpustakaan semakin mendukung para siswa dalam proses belajarnya. Uniknya, sekolah ini memfasilitasi siswa yang tidak mampu dengan meminjamkan sepeda kepada mereka, dan setelah lulus nantinya sepeda itu dikembalikan lagi ke sekolah. Wah, hebat ya??

Karena mendapat julukan sekolah sehat, tentu saja terdapat fasilitas UKS yang selalu siaga merawat siswa-siswi yang sakit. Ada juga program rujukan ke Rumah Sakit terdekat apabila ada siswa yang menderita sakit yang dirasa cukup parah.

Selain prestasi yang diperoleh oleh sekolah, siswa-siswi SMPN 1 Kalasan juga tak kalah menyumbang berbagai piala kejuaraan bagi sekolah mereka baik prestasi akademik maupun non-akademik,  seperti Juara Harapan II Lomba Story Telling tingkat Nasional di tahun 2009, Lomba Futsal tingkat Nasional di Ujung pandang di tahun 2008.  Dan pada tahun 2010 ini SMPN 1 kalasan juga memborong piala kejuaraan seperti Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Lingkungan Hidup di Kabupaten Sleman, juara 1 lomba Mading di Kabupaten Sleman, juara 1 Lomba Kesenian Tradisional Kabupaten Sleman, juara 1 Lomba Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman, juara 1 Liga Pendidikan Indonesia(LPI), dan juara 3 LPI di provinsi DIY.

Segudang prestasi yang diperoleh tentu saja tidak lepas  dari peran Kepala Sekolah dan Guru. Fasilitas yang memadai dan  guru yang komunikatif sangat menunjang keberhasilan sebuah sekolah. Hal ini juga diterapkan di sekolah ini, sehingga pada tahun 2010 ini SMPN 1 KALASAN mendapat penghargaan sebagai Sekolah Pengembang Olahraga, karena prestasi olahraga yang diperoleh juga cukup banyak seperti juara 2 basket putri tingkat provinsi, dan juara 3 basket putra tingkat provinsi, juara 1 LPI Tingkat Kabupaten Sleman, juara 3 LPI Tingkat Provinsi DIY, serta masuk nominasi 10 besar lomba futsal / sepak bola mini tingkat nasional di Ujung Pandang. Fasilitas olahraga nya juga cukup lengkap seperti lapangan basket dan lapangan  sepak bola sehingga bisa mendukung para siswanya untuk berprestasi di bidang olahraga.

Sekolah yang memiliki 18 kelas ini membuat sebuah kebanggaan dengan kelulusan siswa-siswi kelas 9 nya yang lulus 100 % di tahun pelajaran 2010-2011 ini. Tentu tidak mudah mengajar siswa-siswi kelas 9 yang berjumlah 6 kelas untuk lulus 100 %. Sedangkan di Kabupaten Sleman, SMP yang berhasil lulus 100 % tahun ini hanya ada 3 sekolah. Peran guru, dan perhatian murid tentu saja sangat dibutuhkan dalam hal ini, sehingga dapat mengukir prestasi dan mengharumkan nama sekolah kita. Ayo kawan mari kita harumkan nama sekolah kita dengan rajin belajar, agar impian kita dapat tercapai.

(mes)

2 thoughts on “SMPN 1 KALASAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s