RAMADHAN

KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN

Telah ditetapkan dalam hikmah Allah Ta’ala bahwa sebagian waktu lebih utama dari waktu yang lain, sebagian hari lebih utama dari hari yang lain, sebagian malam lebih utama dari malam yang lain, dan sebagian bulan lebih utama dari bulan yang lain. Allah telah melebihkan bulan Ramadhan di atas bulan-bulan yang lain yaitu dengan keistimewaan-keistimewaan yang tidak terdapat pada bulan-bulan yang lain.

Seperti sabda Rasulullah SAW, yang artinya: Andai kata manusia mengetahui keistimewaan atau kemuliaan bulan Ramadhan karena pahala berlipat ganda, maka sungguh umatku mengharapkan setahun ini agar menjadi bulan Ramadhan seluruhnya (H.R Tabrani).

Diantara keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

  1. 1. Bulan Turunnya Al-Quran (Syahrul Quran)

Inilah keutamaan dan kelebihan terbesar yakni sebagai bulan turunnya Al-Quran, seperti yang tercantum dalam surat Al-Baqarah:185 berikut ini

Pada bulan Ramadhan , diturunkannya kitab suci Al-Quran untuk menjadikan petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan bagi petunjuk itu, dan untuk menjadi garis pemisah (antara yang hak dan yang batil). (Al-Baqarah:185)

  1. 2. Bulan Kemenangan (Syahrul Fath)

Banyak terjadi peristiwa kemenangan yang terjadi pada bulan Ramadhan, diantaranya:

  1. Kemenangan atas kota Makkah pada 8H
  2. Perang Badar yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan
  3. Perang Tabuk, yaitu perang terakhir yang dipimpin Rasulullah pada tahun 9H
  4. Penaklukan Spanyol dibawah pimpinan Thariq bin Zial
  1. 3. Bulan Ibadah (Syahrul Ibadah)

Ibadah di bulan Ramadhan mempunyai kedudukan istimewa di sisi Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut yang artinya:

Semua kebajikan anak Adam dilipatgandakan kebaikannya (pahalanya) dari 10 sampai 700 kali, kecuali puasa.  Allah  SWT berfirman: adapun ibadah puasa adalah untuk-Ku dan Aku (langsung) yang akan memberikan pahala kepadanya. (H.R.Muslim)

  1. 4. Bulan Ampunan (Syahrul Ghufran)

Seperti sabda Rasulullah SAW:

Barang siapa yang melakukan puasa Ramadhan dengan iman dan mengharap ridha-Nya, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (H.R. Ashabus Sunan)

  1. 5. Bulan Jihad (Syahrul Jihad)

Jihad disini berarti bersungguh-sungguh atau berjuang dalam menentang kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari yaitu menahan diri dari makan, minum, emosi dan kegiatan duniawi lainnya selama 1 bulan.

Rasulullah SAW bersabda:

Berjihadlah kamu menentang lapar dan dahaga, karena pahalanya sama seperti pahala orang yang berjihad pada jalan Allah (sabilillah). Tidak ada satu amal yang paling dicintai Allah kecuali lapar dan dahaga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s