Tiga Pendiri Facebook, Orang Kaya Termuda AS

Masuknya Facebook membuat standar rata-rata usia orang terkaya menjadi menurun.

Kamis, 4 November 2010, 06:58 WIB

Antique, Nur Farida Ahniar


Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg (AP Photo)

BERITA TERKAIT

  • Delapan Eksekutif Wanita Berpengaruh di Asia
  • Dari Buruh Pabrik Jadi Ratu Properti China
  • Empat Wanita Kaya Dunia Bermodal “Dengkul”
  • Foto-Foto Pilot Cantik, Muda dan Kaya Raya
  • VIVAnews – Industri teknologi terbukti mudah melambungkan anak muda menjadi miliarder. Terbukti, tiga pendiri Facebook masih menempati peringkat teratas untuk miliarder termuda di Amerika Serikat (AS).
     
    Menurut versi majalah Forbes, pendiri Facebook masih menjadi miliarder termuda yang masuk dalam 20 jajaran miliarder Amerika. Masuknya Facebook membuat standar rata-rata usia orang terkaya menjadi menurun. Terlihat, terdapat delapan miliarder Amerika yang berusia di bawah 40 tahun dan tiga di antaranya adalah pendiri Facebook.

    Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg bukanlah menjadi orang kaya termuda Amerika, namun justru teman sekamarnya yang lebih muda delapan hari dibanding Zuckerberg, yaitu Dustin Moskovitz.

    Dustin menangani teknologi di situs jaringan sosial itu. Ia meninggalkan Facebook pada 2008 dan memulai kerja di sana, sebuah perusahaan software yang memungkinkan individu di perusahaan kecil bekerja sama. Kekayaan Moskovitz diperkirakan mencapai US$1,4 miliar yang berasal dari keutungan sahamnya sebesar enam persen.

    Peringkat kedua, pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Meski tak lagi menjadi miliarder termuda dari 400 orang terkaya dunia, namun dia telah membukukan keuntungan terbesar tahun ini. Kekayaannya melonjak menjadi US$6,9 miliar dari US$2 miliar. Keuntungan ini lebih tinggi lima kali lipat dibanding Moskovitz dan melebihi keuntungan Apple.

    Peringkat ketiga, juga ditempati salah satu pendiri Facebook, Eduardo Saverin yang berusia 28 tahun. Ia pernah memiliki sepertiga saham Facebook. Ketika Zukerberg dan Moskovitz berhenti kuliah dan pindah ke California, Saverin tetap tinggal untuk menyelesaikan kuliahnya. Setahun kemudian Facebook menggugatnya.

    Ia lalu mendapatkan lima persen saham dan menjadi wakil pendiri Facebook dalam biografi di situs Facebook. Kepemilikan saham itu membuat ia mempunyai kekayaan sekitar US$1,15 miliar.

    Memang bidang teknologi, khususnya internet telah lama menjadi pilihan untuk menjadi orang kaya di usia muda. Bill Gates memulai debutnya dalam daftar tersebut pada 1986 di usia 30 dengan kekayaan bersih US$315 juta.

    Sementara itu, Michael Dell memulai debutnya pada usia 26, dan 19 tahun kemudian ia masih masuk 20 orang kaya termuda. Demikian juga untuk pendiri Yahoo David Filo dan Jerry Yang, yang juga membuatnya menduduki peringkat pertama daftar 20 miliarder termuda Amerika.

    • VIVAnews

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s