journalist on duty

WADUK SERMO PESONA KULONPROGO

 

Yogyakarta memang tak pernah bisa dilepaskan dari tempat wisatanya. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam hingga wahana permainan semuanya lengkap tersedia. Kali ini mari menelisik salah satu lokasi wisata yang alami, sejuk, dan menyenangkan tentunya. Ada yang sudah pernah ke Waduk Sermo? Kalau belum, bisa menjadikan reportase kali ini sebagai referensi deh.

Waduk Sermo adalah waduk buatan atau bendungan yang terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari Kota Yogyakarta. Waduk buatan seluas 7.152 hektar ini dibangun selama 32 bulan lho, ehm, sekitar 2,5 tahun yiatu dimulai pada April 1994 dan berakhir pada Oktober 1996. Tujuan dibuatnya Waduk Sermo ini adalah untuk suplesi daerah irigasi Sistem Kalibawang yang merupakan interkoneksi dari beberapa daerah irigasi di Kulonprogo. Selain untuk keperluan irigasi atau pengairan, air dari Bendungan Sermo juga digunakan untuk air baku air minum di Kabupaten Kulonprogo yang besarnya 150 liter per detik dan penggelontoran Kota Wates sebesar 50 liter per detik.

Selain menawarkan pesona kegagahan bendungan dan airnya yang melimpah ruah, Bendungan Sermo juga menawarkan pemandangan bukit dan pegunungan yang mengelilinginya. Sejuk dan rindang rasanya berwisata ke Waduk Sermo karena bukit disekitar bendungan dipenuhi tumbuhan besar yang hijau nan rindang yang pastinya menyejukkan mata. Vegetasi atau tumbuhan yang terdapat di perbukitan sekitar Sermo diantaranya ada tanaman kakao atau coklat, melinjo, panili, kelapa, dan pohon sengon.

Bendungan yang mampu menampung 19,12 juta m3  air ini juga menyajikan beberapa lahan produktif yang digunakan untuk konservasi tumbuhan. Diantaranya ada lahan green belt atau sabuk hijau seluas 40 hektar, lahan konservasi, dan lahan pasang surut yang tidak boleh ditanami karena volume airnya yang tidak menentu. Disekitar bukit konservasi pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman khas Kulonprogo di beberapa kios yang terdapat di sekitar waduk. Pengunjung juga bisa menyewa kapal kecil untuk berkeliling mengitari waduk dan merasakan dinginnya air waduk.

Fasilitas yang terdapat di Bendungan Sermo ini juga cukup lengkap. Mulai dari masjid, kamar kecil, hingga kantor pengelola waduk yang berjumlah 6 unit dengan luas total 1000 m2. Sebagai pelengkap, Bendungan Sermo juga memiliki bangunan terowongan dengan tipe tapal kuda berdiameter 4,2 meter, bangunan pelimpah sebagai peredam energi dengan lebar 26 meter, seperangkat alat atau instrumen keamanan bendungan yang lengkap, serta alat pengukur sedimentasi bendungan (Echosounding).

Selain untuk berwisata alam, pengunjung juga dapat bertanya atau mencari  informasi kepada petugas pengelola bendungan mengenai data teknis bendungan dan skema jaringan irigasi. Jadi sambil menyelam minum air, berwisata sambil belajar.

(mes)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s