SMM

SMK NEGERI 2 KASIHAN
BANTUL YOGYAKARTA
THE SOLUTION FOR YOUR FUTURE

Sobat Gembira, berjumpa lagi kita dalam rubrik wawasan sekolah di Yogyakarta. Kali ini kita akan mengulas tentang sekolah musik di Yogyakarta yaitu SMK Negeri 2 Kasihan.
SMK Negeri 2 Kasihan (Sekolah Menengah Musik) didirikan atas inisiatif masyarakat musik dan budayawan yang ada di Indonesia (khususnya pemusik Kraton Yogyakarta), pada tanggal 17 Desember 1951 ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Mr. Wongso Negoro. SMK negeri 2 Kasihan didirikan berdasarkan SK No. 35520/RAB yang menyebutkan bahwa tmt 1 Januari 1952 di Yogyakarta didirikan Sekolah Musik dengan nama Sekolah Musik Indonesia, di bawah Bagian Kesenian, Direktorat Kebudayaan, lama pendidikan 5 tahun.
Akhir tahun 1952 Sekolah Musik Indonesia pindah ke Jl. Suryodiningratan 6 Yogyakarta. Tahun 1965 lama pendidikan di SMM dipersingkat menjadi 4 tahun. Tahun 1976 melalui SK Menteri No. 0295/U/1976 Sekolah Musik Indonesia berganti nama menjadi Sekolah Menengah Musik Negeri Yogyakarta, di bawah Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Pada tahun 1978 terjadi pergeseran permulaan tahun ajaran dari bulan Januari menjadi bulan Juli.
Pada tahun 1984, Sekolah Menengah Musik pindah ke kampus Mardawa Mandala, Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta sampai sekarang ini. Bersamaan dengan dilaksanakannya Kurikulum 1994, maka lama pendidikan di Sekolah Menengah Musik dipersingkat menjadi 3 tahun.
Di tahun 1997 melalui SK. Mendikbud No.036/0/1997 nama Sekolah Menengah Musik Yogyakarta (SMM Yogyakarta) diganti dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan. Saat ini SMKN 2 Kasihan adalah sekolah menengah musik negeri satu-satunya yang berbasis musik klasik di Indonesia. SMKN 2 Kasihan sedang merintis jenjang lebih tinggi menuju Sekolah Bertaraf Internasional dengan program SMK Invest ADB.
Sekolah yang dipimpin oleh Drs. Samsuri Nugroho ini memiliki visi “Menjadi SMK musik bertaraf Internasional pada tahun 2011 dengan dilandasi Imtaq”. Selain itu, agar lebih dikenal, diakui dan dicintai oleh masyarakat, SMKN 2 Kasihan menjalin kemitraan dengan berbagai unsur baik tokoh musik, lembaga, maupun komunitas diantaranya Dwiki Dharmawan, Addie MS, Singgih Sanjaya, Edward C. Vannes pakar musik klasik dari Boston University dan masih banyak lagi. Dengan kemitraan ini diharapkan dapat melahirkan kolaborasi, workshop ataupun permintaan pemain.
Untuk mencapai tingkat penguasaan terhadap instrumen musik, siswa sejak awal diwajibkan untuk memilih dan mempelajari intensif salah satu instrumen musik atau vokal sebagai spesialisasi. Hal ini dimaksudkan agar setelah lulus siswa benar-benar memiliki kompetensi sesuai tuntutan industri musik khususnya berbasis klasik. Spesialisasi tersebut meliputi: vocal, flute, oboe, clarinet, saxophone, fagot, horn, trumpet, trombone, tuba, piano, perkusi, gitar, biola, biola alto, cello dan contrabass.
Kemampuan siswa SMKN 2 Kasihan telah terbukti dengan kepiawaian mereka dalam banyak pergelaran diantaranya di Gedung Kesenian Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol, Istana Merdeka Jakarta, Gedung DPR/MPR Jakarta, Taman Budaya Yogyakarta dan masih banyak lagi. Prospek lulusan dari SMKN 2 Kasihan juga beragam. Utamanya disesuaikan dengan tujuan pendidikan kejuruan dapat mengisi kebutuhan kerja di bidang musik dan juga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.
Nah, bagi sobat Gembira yang masih SMP apabila tertarik untuk melanjutkan sekolah ke SMKN 2 Kasihan syaratnya harus lulus dari SMP/MTs, saat mendaftar usia tidak boleh lebih dari 21 tahun, mengikuti wawancara bakat dan kepribadian, mengikuti tes musikalitas (kepekaan terhadap nada), mengikuti tes kesehatan untuk instrumen tertentu dan pas foto. Nah untuk lebih jelasnya sobat Gembira dapat mengakses website smkn2ksh-yog.sch.id atau email di smmyk@yahoo.com.
Inilah kutipan pesan dari Kepala Sekolah Bapak Drs. Samsuri Nugroho “Kepada seluruh pelajar SMP yang merasa memiliki bakat dalam bermusik, jangan biarkan bakat itu hilang begitu saja. Kembangkan di sini, semoga impian dan harapan menjadi pemusik handal bisa tercapai di SMKN 2 Kasihan Yogyakarta. SMM Sekolah Musiknya Indonesia.”
(mes)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s